[HOAX] Heboh Politik Uang Gibran di Makassar

by info fakta pemilu

Beberapa waktu lalu beredar sebuah video di platform media sosial Facebook yang berisi narasi terkait pelanggaran politik uang yang dilakukan oleh Cawapres Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka. Terlihat dalam unggahan video tersebut Gibran membagikan-bagikan amplop putih yang diduga berisi uang kepada peserta jalan sehat di Kota Makassar Sulawesi Selatan pada Sabtu (25/11/2023) lalu. Dalam video yang dinarasikan selama lebih dari satu menit tersebut, Gibran juga dikatakan telah melakukan berberapa kejahatan politik seperti, pelanggaran konstitusi dan money politik. 

Faktanya, narasi dalam video tersebut tidak benar. Seperti yang dilansir oleh kompas.com, Ketua Bawaslu Makassar Dede Arwinsyah mengatakan, barang yang dibagi-bagikan oleh Gibran yang sebelumnya diduga amplop putih berisi uang ternyata adalah gantungan kunci. Lebih lanjut lagi, ia mengatakan isu bagi-bagi sembako di wilayah Ujung Tanah juga tidak benar. Dugaan pelanggaran politik uang yang dilakukan Gibran dalam video tersebut tidak benar. 

Link counter

https://amp.kompas.com/makassar/read/2023/11/28/173313278/sebut-video-gibran-bagikan-uang-di-makassar-hoaks-bawaslu-itu-bukan-amplop

You may also like

Leave a Comment