[MANIPULATE CONTENT] ANIS BASWEDAN BERIKAN DANA APBD 63 MILIAR RUPIAH UNTUK ISTRINYA

by info fakta pemilu

Beredar sebuah cuitan di platform X atau Twitter dari akun @ZeboLady yang mengklaim bahwa Anies Baswedan telah memberikan dana APBD senilai miliaran rupiah untuk istrinya.

Cuitan tersebut juga melampirkan artikel dari portal berita mengenai dugaan suap dana hibah yang melibatkan Khofifah Indar dan Emil Dardak. Selain itu, terdapat juga tangkapan layar dari berita mengenai polemik dana hibah APBD DKI Jakarta untuk Bunda PAUD.

Bunda PAUD merupakan predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintah dan kepala daerah di semua tingkatan. Istri Anies Baswedan yaitu Fery Farhati dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta pada 2017.

Melansir dari pernyataan Anies Baswedan saat masih menjabat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Pemprov Provinsi DKI Jakarta menganggarkan belanja hibah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebesar Rp 63 miliar dalam RAPBD DKI Jakarta 2018. Dana tersebut dialokasikan bagi PAUD di semua Jakarta. Namun, fitnah yang beredar membuat narasi seakan Anies Baswedan memberikan dana Rp 63 miliar itu kepada istrinya untuk urusan pribadi.

Faktanya, dalam RAPBD Provinsi DKI Jakarta 2018, Pemprov DKI Jakarta menganggarkan belanja hibah sebesar Rp 1,7 triliun yang dibagikan pada 104 lembaga dan organisasi masyarakat. Selain PAUD, penerima hibah lain adalah Resimen Mahasiswa, Kodam Jaya, Laskar Merah Putih, Bamus Betawi, dan sejumlah lembaga lain. Maka dari itu, klaim yang disebutkan oleh cuitan akun @ZeboLady tidak benar adanya.

Sumber:
Merdeka.com. (2021). CEK FAKTA: Hoaks Anies Baswedan Berikan Dana APBD Rp 63 Miliar untuk Istrinya. Diakses pada 27 Desember 2023 dari https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-anies-baswedan-berikan-dana-apbd-rp63-miliar-untuk-istrinya.html
Tim Kalimasada. (2023). [SALAH] Anies Baswedan Berikan Dana APBD Rp 63 Miliar untuk Istrinya. Diakses pada 27 Desember 2023 dari https://turnbackhoax.id/2023/01/17/salah-anies-baswedan-berikan-dana-apbd-rp63-miliar-untuk-istrinya/
Aulia, M.R. (2021). [CEK FAKTA] Anies Baswedan Kasih Istrinya Duit APBD DKI Jakarta Rp 63 Miliar? Ini Faktanya. Diakses pada 27 Desember 2023 dari https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/VNnoBwXb-cek-fakta-anies-baswedan-kasih-istrinya-duit-apbd-dki-jakarta-rp63-miliar-ini-faktanya

You may also like

Leave a Comment