[HOAX] Golkar Deklarasikan Dukungan kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

by info fakta pemilu

Sebuah unggahan di media sosial mengeklaim Partai Golkar mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo.
Namun, setelah ditelusuri narasi tersebut tidak benar atau hoaks. 
Narasi yang mengeklaim Partai Golkar mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo muncul di Facebook, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini.
Akun tersebut membagikan sebuah video berdurasi 8 menit 35 detik pada 1 Januari 2024 dengan judul:
Kemudian dalam thumbnail video terdapat gambar kerumunan massa sedang mengerubungi sebuah panggung. Gambar tersebut diberi keterangan: GOLKAR RESMI CAPRESKAN GANJAR : TOLAK DUKUNG GIBRAN, GOLKAR DEKLARASI BESAR2 HARI INI

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri gambar di thumbnail video yang memperlihatkan gambar kerumunan massa sedang mengerubungi sebuah panggung. Hasilnya, gambar tersebut identik dengan yang ada di laman Jawa Pos ini. Gambar aslinya merupakan momen ketika pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid-Azis Qahar Mudzakkar melakukan kampanye di Lapangan Karebosi Makassar pada tahun 2018. 

Sementara, setelah disimak sampai tuntas tidak ditemukan informasi Partai Golkar mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar. Narator video hanya membacakan artikel di laman Krjogja.com ini. Artikel itu berjudul “Golkar Segera Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo”. Artikel tersebut memuat pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Perekonomian, Said Abdullah soal Partai Golkar yang disebut akan segera mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Adapun pernyataan itu dikeluarkan Said Abdullah pada bulan Juli 2023 sebelum partai berlambang pohon beringin itu mendeklarasikan dukungan kepada capres nomor 2 Prabowo Subianto. 
Saat ini Partai Golkar tergabung dengan Koalisi Indonesia Maju yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. 

Narasi yang mengeklaim Partai Golkar mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo tidak benar atau hoaks.
Thumbnail merupakan hasil manipulasi, gambar aslinya adalah momen ketika paslon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid-Azis Qahar Mudzakkar melakukan kampanye di Lapangan Karebosi Makassar pada tahun 2018.
Selain itu judul dengan isi video tidak sesuai, narator hanya membahas pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Perekonomian, Said Abdullah soal Partai Golkar yang disebut akan segera mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Pernyataan itu dikeluarkan Said Abdullah pada bulan Juli 2023, sebelum partai berlambang pohon beringin itu mendeklarasikan dukungan kepada capres nomor 2 Prabowo Subianto.

https://www.jawapos.com/nasional/0175460/kampanye-bikin-macet-makassar-paslon-gubernur-nhaziz-minta-maaf

https://www.facebook.com/Parametermajor1/videos/350848961021036

https://www.krjogja.com/nasional/1242496385/golkar-segera-deklarasi-dukung-ganjar-pranowo

https://t.me/kompascomupdate

https://cekfakta.com/focus/14911

You may also like

Leave a Comment