[HOAKS] Mahfud MD Kena Reshuffle, Keluar dari Kabinet Indonesia Maju

by info fakta pemilu

Sebuah unggahan mengeklaim calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Mahfud MD kena reshuffle yang dilakukan Presiden Joko Widodo.
Akibat reshuffle, menurut unggahan itu, Mahfud tersingkir dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Indonesia Maju.Namun, setelah ditelusuri narasi tersebut tidak benar atau hoaks. Narasi yang mengeklaim Mahfud MD kena reshuffle dari Kabinet Indonesia Maju muncul di media sosial, Kemudian dalam thumbnail video terdapat gambar Presiden Jokowi sedang memipin rapat dan ada Mahfud MD yang berdiri di depannya. Berikut keterangan tertulis yang disampaikan:
MAHFUD DI RESHUFFLE ?
AKIBAT KRITIK MENTRI RAJIN KAMPANYE
Akun Facebook Tangkapan layar Facebook narasi yang menyebut Mahfud MD direshuffle dari Kabinet Indonesia Maju

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri gambar di thumbnail video yang memperlihatkan Presiden Jokowi sedang memimpin rapat dan terdapat Mahfud MD yang berdiri di depannya.Hasilnya, gambar tersebut identik dengan yang ada di laman Voa Indonesia ini. Dalam gambar aslinya tidak terdapat Mahfud yang berdiri di depan Jokowi. Gambar tersebut adalah momen ketika Jokowi membuka Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta pada 7 Januari 2019. Sementara itu setelah disimak sampai tuntas tidak ditemukan informasi Mahfud MD di-reshuffle.  Narator video hanya membacakan artikel di laman CNN Indonesia ini, yang berjudul “Mahfud Sindir Pejabat Negara Kampanye di Hari Kerja”. 

Artikel tersebut memuat pernyataan Mahfud yang menyindir beberapa pejabat karena kerap keliling daerah untuk kampanye politik di hari kerja. Beberapa klip dalam video juga tidak terkait dengan narasi Mahfud MD di-reshuffle dari Kabinet Indonesia Maju. Salah satu klip pada awal video yang menampilkan Mahfud identik dengan yang ada di kanal YouTube Kompas TV ini. 
Dalam video Mahfud juga menyindir pada pejabat, termasuk menteri yang sering melakukan kampanye politik di hari kerja. 
Adapun sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid Mahfud di-reshuffle. Di laman Presidenri.go.id, Mahfud masih tercatat sebagai Menko Polhukam di Kabinet Indonesia Maju

arasi yang mengeklaim Mahfud MD di-reshuffle dari Kabinet Indonesia Maju tidak benar atau hoaks. Thumbnail merupakan hasil rekayasa. Gambar aslinya adalah momen ketika  Jokowi membuka Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta pada 7 Januari 2019.Selain itu, judul dengan isi video tidak sesuai. Narator hanya membahas Mahfud yang menyindir beberapa pejabat, termasuk menteri karena kerap keliling daerah untuk kampanye politik di hari kerja. Sampai saat ini, Jumat (5/1/2024), Mahfud masih tercatat sebagai Menko Polhukam di Kabinet Indonesia Maju.

https://cekfakta.com/focus/14955

https://www.facebook.com/Parametermajor1/videos/397119562666794

https://www.voaindonesia.com/a/pemerintah-anggarkan-15-triliun-untuk-mitigasi-bencana-tahun-2019/4732184.html

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231220212224-617-1039922/mahfud-sindir-pejabat-negara-kampanye-di-hari-kerja

https://www.presidenri.go.id/kabinet-indonesia-maju/

https://t.me/kompascomupdate

You may also like

Leave a Comment