[MISINFORMASI] Gibran Rakabuming Raka, Calon Wakil Presiden, menyebutkan program makan siang dan susu gratis telah dinikmati oleh 400 juta anak.

by info fakta pemilu

Keterangan 

Dalam video yang beredar, Gibran seolah-olah menjelaskan bahwa program susu gratis sudah dinikmati 400 juta anak. Vidio potongan tersebut kemudian ditambahkan narasi seolah-olah pernyataan Gibran tersebut tidak sesuai dengan jumlah penduduk Indonesia. Video tersebut diambil saat acara konsolidasi di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dalam video lengkapnya, Gibran menjelaskan bahwa program susu gratis sudah ada di 76 negara dan dirasakan oleh 400 juta anak-anak. Sehingga konteksnya bukan cuma Indonesia. Dalam akun sosial medianya Gibran juga menjelaskan hal tersebut bahwa yang dimaksud 400 juta anak merupakan 76 Negara dan bukan hanya di Indonesia.

Link Referensi:

https://www.merdeka.com/politik/beredar-potongan-video-gibran-sebut-program-susu-gratis-dinikmati-400-juta-anak-begini-faktanya-62342-mvk.html?screen=3

https://nasional.kompas.com/read/2023/12/10/21183941/gibran-sebut-program-makan-siang-dan-susu-gratis-bukan-retorika-belaka

Kategori Misinformasi (Video tersebut memang menyebutkan bahwa program susu gratis sudah dirasakan oleh 400 juta anak, sementara di Indonesia jumlah penduduk total hanya sekitar 273 juta. Namun, bisa saja pihak yang menyebarkan informasi tersebut tidak menyadari bahwa yang dimaksud oleh Gibran adalah 27 negara, bukan hanya Indonesia)

You may also like

Leave a Comment