[MANIPULATE CONTENT] FOTO GANJAR MINUM MIRAS

Sebuah unggahan di media sosial menampilkan foto bakal calon presiden 2024, Ganjar Pranowo, sedang meminum menggunakan cangkir berwarna biru dan di meja terdapat botol minuman keras. Dalam foto tersebut, latar foto tersebut juga terlihat beberapa koleksi minuman keras yang disimpan didalam lemari kaca. Berikut narasi dalam unggahan tersebut: “Pemimpin itu yg dicari akhlak yg baik soleh dlm ibadahnya..klu pemimpin tukang minum disebut zin uban” 

Berdasarkan penelusuran, foto tersebut merupakan editan. Foto asli dalam unggahan tersebut serupa dengan unggahan Tribunnews yang berjudul “YouTuber Palembang Sukses Bujuk Ganjar Pranowo Seruput Cuko Pempek, Resmi Jadi Wong Palembang”. Dalam artikel tersebut dinarasikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ngobrol santai bersama penggiat media sosial di Sumsel di Roca Cafe, Minggu (23/1/2022). Dengan memakai masker merah putih, Ganjar mendatangi Roca Cafe dengan kaos biru bertuliskan sahabatUGM. ganjar pranowo seruput cuko pempek dan bukan Minuman Keras. 

(Sumber Gambar: https://palembang.tribunnews.com/)

Kategori Manipulate content (Foto Ganjar meminum sesuatu memang benar adanya, namun narasi yang menyatakan bahwa Ganjar meminum miras dan beberapa tambahan editing pada miras di dalam foto merupakan informasi yang dimanipulasi. Karena pada saat itu, Ganjar Pranowo sebenarnya sedang menikmati cuko pempek dan bukan Minuman Keras)

Link Counter:

https://palembang.tribunnews.com/2022/01/23/youtuber-palembang-sukses-bujuk-ganjar-pranowo-seruput-cuko-pempek-resmi-jadi-wong-palembang
https://www.antaranews.com/berita/3734730/hoaks-foto-ganjar-minum-miras 

Related posts

[TRUE]Prabowo Sebut Usia Pakai Alat Perang Indonesia Saat Ini 25 Sampai 30 Tahun

[HOAKS] Mahfud MD Kena Reshuffle, Keluar dari Kabinet Indonesia Maju

[MANIPULATE] Anies berikan tutorial cara memasak kodok