[HOAX] KPU Akui Persiapkan Debat dan Alat Khusus untuk Gibran

by info fakta pemilu

Sebuah unggahan di media sosial menghadirkan informasi keliru dengan narasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui mempersiapkan debat dan alat khusus untuk calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.
Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, setelah ditelusuri narasi tersebut tidak benar atau hoaks.
Narasi yang mengeklaim KPU mengakui mempersiapkan debat dan alat khusus untuk Gibran muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini.
Akun tersebut membagikan sebuah video berdurasi 10 menit 35 detik pada 26 Desember 2023 dengan judul:
KPU SENGAJA KORBANKAN GIBRAN?
AKUI PERSIPKAN DEBAT & ALAT KHUSU UNTUK ANAK JKW

Setelah video disimak sampai tuntas tidak ditemukan informasi KPU mengaku mempersiapkan debat dan alat khusus untuk Gibran.

Mencuplik Unggahan Kompas.com , Ketua KPU  Hasyim Asy’ari mengatakan, seluruh cawapres mendapatkan alat yang sama ketika mengikuti debat cawapres pada Jumat (22/12/2023). Hal ini disampaikan Hasyim Asy’ari menanggapi unggahan pakar telematika Roy Suryo yang menuding KPU tidak adil karena hanya Gibran yang menggunakan tiga mikrofon sekaligus.
Hasyim menegaskan, Gibran tidak menggunakan ear feeder atau alat pengumpan yang ditempel di telinga. Menurut dia, alat yang dipasang di telinga Gibran adalah mikrofon yang dicantolkan. Hasyim juga pun memastikan, debat perdana cawapres pada Jumat (22/12/2023). berlangsung dengan adil dan spontan.

Narasi yang mengeklaim KPU mengakui mempersiapkan debat dan alat khusus untuk Gibran. Narator hanya membahas opini yang menyebut masyarakat tidak lagi mempercaya Prabowo dan Gubran setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia capres-cawapres. Adapun sampai saat ini tidak ditemukan ditemukan informasi valid KPU mengakui mempersiapkan debat dan alat khusus untuk Gibran. 
Ketua KPU Hasyim Asy’ari juastru mengatakan, seluruh cawapres mendapatkan alat yang sama ketika mengikuti debat cawapres yang digelar KPU, Jumat (22/12/2023). Ia juga mengaku bahwa debat perdana cawapres pada Jumat (22/12/2023) berlangsung dengan adil dan spontan.

Sumber :

https://www.facebook.com/Parametermajor1/videos/401706905540337

https://nasional.kompas.com/read/2023/12/24/10314431/pastikan-tak-cuma-gibran-yang-pakai-3-mikrofon-saat-debat-ketua-kpu-roy

You may also like

Leave a Comment