[HOAX] Video bertajuk warga Solo ancam demo besar-besaran

by faktapemilu.com

Beredar unggahan di media sosial menggunakan judul yang memuat kalimat “Gibran vs Rakyat masuk Babak Baru, Warga Solo Ancam Demo Besar-Besaran”. Akan tetapi, setelah ditelusuri narasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Narasi yang mengklaim warga Solo ancam untuk melakukan demo besar-besaran kaitannya dengan Gibran yang pernah memimpin Kota Solo selama dua tahun, dua di antaranya dibagikan oleh akun Facebook (GEGER! Gibran VS Rakyat Masuk Babak Baru, Warga Solo Ngamuk Anc4m Demo Besar-Besaran?! | GEGER! Gibran VS Rakyat Masuk Babak Baru, Warga Solo Ngamuk Anc4m Demo Besar-Besaran?! #beritapemilu2024 #beritaviral #beritaterkini #beritahariini | By Newspedia | Facebook) dan YouTube (https://youtu.be/LmDnAn61w0I?si=M58mkgBrL5ado-Wl).

Faktanya, kedua unggahan video tersebut menggunakan narasi video yang sama namun tidak sama sekali membahas perihal ancaman demo oleh warga Solo. Narasi video tersebut justru membahas kritik dan sindiran terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo-Gibran. Secara visual, video-video yang digunakan merupakan cuplikan dari beberapa video yang sebelumnya telah digunakan oleh media lain.

You may also like